Monday, 28 November 2016

The Making of The Fall of The Imam Movie



Setelah beberapa rapat yang cukup alot perihal menentukan waktu dan lokasi di mana AG34 (kelas kami) akan melakukan proses syuting film, akhirnya berhasil ditetapkan, kami akan berangkat Rabu, 23 November 2016 dan pulang tepat seminggu kemudian di hari Selasa, 29 November 2016. Lokasinya berpusat di satu tempat saja, yaitu Rammang-rammang, Kabupaten Maros.

Banyak pertimbangan dan perdebatan sebelum akhirnya kami memutuskan take film di sana. Salah satunya akomodasi 45 orang ke sana. Kelas kami bukan kelas yang ingin repot-repot menghadapi "masalah keuangan yang tidak mencukupi". Kami tidak ingin menyusahkan diri menghabiskan dana yang begitu banyaknya. Semester 5 masih panjang. Sehingga keputusan untuk take film di Kabupaten Maros kami rasa sudah tepat. 

Pembuatan film ini sendiri adalah pengalaman baru bagi sebagian besar dari kami. Sebagian kecilnya lagi, punya sedikit pengalaman dan gambaran tentang pembuatan film. 

Film The Fall of The Imam yang hasil jadi keseluruhan filmnya berdurasi lima puluh menit ini dibuat "hanya" selama enam hari, dengan total 14 scene. 

Masa operasi yang sangat singkat dan tidak memungkinkan bagi kami untuk menambah hari, membuat kami harus terus bergerak. Tapi ada masalah penting yang mau tidak mau harus kami ladeni. Yaitu masalah naskah. Naskah yang kami bawa ke Rammang-rammang masih naskah mentah, sehingga setiap malam tim naskah harus begadang dan berpikir bersama mengenai naskah. Gila kan? Jadi sebagian dialog dirangkai on the spot. 

Tapi pengalaman di balik pembuatan film The Fall of The Imam takkan bisa kami lupakan. 

Oh iya, dengan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya, dalam produksi film TFOI ini kami dibantu oleh adik dosen prose kami, Mam Ilmi, yaitu bang Iqram, beserta Kak Madi, Kak Kay, dan Kak Toki. Di balik semua keterbatasan, hambatan, serta kesenangan dalam produksi film ini, kami mengucapkan terima kasih dan maaf apabila ada salah.


Penasaran bagaimana jadinya film ini?
Tunggu postingannya Januari tahun depan^^


Update 31 Januari 2017:
Trailer filmnya bisa dilihat di : The Premier of The Fall of The Imam