Friday, 26 February 2016

Facebook Sekarang Pake Emoticon Reactions Kayak Path!


Screenshot from my post in Facebook this day


Jaringan wifi di kantor baru saja diperbaiki, sesaat kemudian saya langsung membuka akun facebook saya untuk melihat grup Kancut Keblenger. Saat sudah berhasil log in, saya iseng scroll down beranda, tidak berharap apa-apa (tjiuuss?), hanya sekedar ingin mengetahui kabar teman-teman di media sosial yang telah saya kenal sejak masa alay SMP silam. Tapi saya kaget dan sok heboh kayak liat artis Kpop Super Junior, tapi bukan, saya agak 'terkejut' dengan Facebook's supercharger, sekarang Facebook udah pake emoticon responses untuk like buttonnya!


Emoticon reactions in Facebook like button
5 emoji di Path yang bisa kita temui


Setelah dulu menerapkan tombol "dislike" yang sebagian orang (termasuk saya) berpendapat kalau tombol itu tidaklah berguna amat. Kalau orang gak suka dengan postingan orang lain, cukup di abaikan aja kan beres, gak perlu 'frontal' menunjukkan ketidaksukaan dengan dislike button tersebut.

Ini saya yang kudet atau apaan yak, di media online luar negeri mengungkapkan kalau penambahan emoji ini telah ada sejak September 2015, tapi cuma test out aja di 2 negara non-English, Spanyol dan Irlandia. Jadi sekarang memang baru diterapkan di Indonesia ya? Soalnya, meskipun bukan maniak Facebook, tapi medsos ini berada di urutan kedua paling sering dikunjungi setelah google mail (?) banyak chat masuk soalnyah, hahaha. Tentang perubahannya yang agak 'menyerupai' Path, bagus sih. Lebih bagus daripada ide dislike button dulu. 

Apakah 6 emoji ini akan berpengaruh terhadap gaya ber-medsos rata-rata orang Indonesia yang lebih sering ngebacot ria di komentar? Akankah emoji menggantikan kata-kata? Apakah emoji cukup membantu saat tak ada kata yang mampu kita tuliskan? Akankah si dia mengerti apa yang saya rasakan, apa yang saya pikirkan? Kenapa saya jadi mellow gini? Kenapa semua ini terjadi?