Wednesday, 2 October 2013

4 Pembagian Karakter Sifat Menurut Gallen


Beberapa hari yang lalu saya mendengar seorang senior menyebut teman saya sebagai orang yang bersifat plegmatis. Istilah apa sih? Saya baru pertama kali mendengar kata tersebut, wkwk. Karena penasaran, saya pun mulai browsing dan membaca beberapa buku di perpustakaan sekolah mengenai pembagian sifat psikologis manusia, berikut yang berhasil saya rangkumkan.


Pembagian Sifat Psikologis Manusia


Seorang psikolog Romawi Kuno, Gallen membedakan sifat manusia menjadi empat yang kini begitu terkenal dalam dunia psikologi modern. Empat sifat tersebut adalah Melankonis, Sanguinis, Koleris, dan Plegmatis. Tapi perlu di pahami bahwa dalam teorinya hampir tidak mungkin ditemukan seseorang yang mempunyai satu sifat mutlak. Setiap orang setidaknya memiliki 2 atau bahkan lebih kombinasi sifat, tapi memiliki 1 sifat dominan dibandingkan sifat-sifat lainnya.


 1) MELANKONIS
Seseorang dengan sifat ini adalah tipe yang suka berfikir (bisa dibilang cerdas) dan paling bersikap hati-hati diantara sifat lainnya. Cenderung skeptis terhadap pujian (cool), kalem dan biasanya lebih memilih keterasingan, ini dikarenakan tipe melankonis sebenarnya adalah tipe yang lebih tertarik dengan kehidupan damai dan idealis, dikenal cepat dalam menerima pelajaran-pelajaran spiritual dan rasa empatinya yang tinggi terhadap masalah sosial. sifat buruknya adalah terkadang terlalu pesimis dan menarik diri dari pergaulan. Bukannya mau gede rasa yaa, kadang aku merasa memiliki sifat ini :3 hehe



2) SANGUINIS
Orang sanguinis sangat terobsesi dengan kepopuleran atau bahasa lainnya narsis, melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan walau lumayan sering cari perhatian (hedonis), kadang over, dikenal juga dengan keceriwisan yang berlebihan. Baik dan supel, sehingga dikelilingi banyak teman dan selalu menjadi sorotan banyak orang. Orangnya cukup sentimen, suka membantu orang lain dan setia kawan. Penuh semangat dan selalu optimis terhadap semua masalah, lengkap sudah. Orang tipe ini memang enak dijadikan teman curhat dan hang out bareng :-)


3) KOLERIS
Orang yang disiplin dan berkepribadian kuat, serta mempunyai jiwa kepemimpinan yang sangat baik. Koleris juga menonjol terutama jika mengikuti organisasi. Namun karena orang bertipe ini menuntut loyalitas yang tinggi dan suka memerintah, banyak juga orang yang tidak cocok dengannya. Selain itu orang koleris dikenal keras kepala, penuh ketegasan dan kurang peka terhadap perasaan orang lain. Menurut saya sih, kayaknya orang tipe ini rata-rata menjadi ketua di kelompoknya. Terus cocoknya jadi hakim, sutradara, atau mandor ya -_-

 
4) PLEGMATIS
Orang yang bersahaja dan cinta damai, dia lebih menyukai seperti apa adanya (natural). Dia paling benci resiko dan tantangan, juga tidak suka mempersoalkan hal kecil (damai banget). Plegmatis ini susah sekali menerima perubahan, kurang motivasi, kurang disiplin dan suka sekali menunda-nunda pekerjaan. Pendiam atau kalem dan tidak suka kebisingan. Dalam pergaulan, biasanya dikenal sebagai si lamban. Hampir sama dengan melankonis, bedanya plegmatis lebih sering berada di belakang panggung dan tidak menonjol. Tapi aku cukup suka kok orang yang seperti ini, bisa saja mereka lebih peka dari sifat lainnya, walau cenderung memendam daripada mengungkapkan.